Dilema mahasiswa IT yang selalu disangka ahli segala bentuk komputerisasi


Saat ini jurusan yang berhubungan dengan komputerisasi banyak sekali yang mengakibatkan mahasiswa IT pun memiliki banyak gelar kelulusan. Mulai dari manajemen informatika, teknik informatika, sistem informasi, ilmu komputer, dan masih banyak lagi macamnya.
Sayangnya, ada saja dilema mahasiswa IT ini. Nih ya, kalau mahasiswa IT jurusan sistem informasi tidak bisa dipastikan dia punya kemampuan benerin printer atau nge-hack akun sosial media mantan. Atau bisa ngebenerin jaringan internet di perusahaan lain.

Tahu harga-harga handphone

Namanya mahasiswa IT, kita disangka selalu tahu harga semua tipe handphone mau yang keluaran Korea, China sampai Amerika.

Bisa service Handphone dan Laptop

Mahasiswa IT sendiri kalau handphonenya rusak dan cara-cara perbaikan standar juga nggak mempan pasti langsung di bawa ke service center.

Bisa buat program

Anggapan ini nggak salah sepenuhnya, namun jangan menanyakan pertanyaan “Bisa buat program nggak?” pada mahasiswa IT jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Jadi nggak semua mahasiswa IT bisa ditanyain pertanyaan ini.

Dilema mahasiswa IT disangka bisa benerin printer

Ya kali kita tukang service. Paling jago mahasiswa IT cuma bisa ganti catridge printer. Itu lho, wadah tinta dan mata print di dalam printer. Kalaupun ada yang bisa memperbaiki printer dipastikan dia sudah menjalani berbagai macam percobaan dan mendapatkan pelatihan di service centernya.

Anak IT bisa desain

“Kan kamu anak IT, tolong desainkan dong” dan kalimat ini ditanyakan pada mahasiswa jurusan teknik jaringan lunak. Tanyakanlah pada mahasiswa Desain Komunikasi Visual please!

Paham semua bentuk aplikasi

Yah nggak juga sih, mahasiswa IT punya kelebihan mereka lebih familiar dengan segala bentuk simbol teknologi, jadi lebih cepat memahami cara menggunakan aplikasi tersebut.

Diangggap katalog hidup

Kalau ada saudara, keluarga, atau tetangga yang mau membeli device baru pasti nanya kita dulu. “laptop yang bagus sekarang apa ya?” Kalau dapet pertanyaan seperti ini bingung juga, memangnya laptop lama itu nggak bagus ya? ini gimana maksudnya sih, disangka kita katalog berjalan apa?

Bisa melamar ke segala bidang

Mahasiswa IT lulusnya bisa menjadi admin sales, bisa melamar jadi Marketing Communication, bisa melamar ke Penerbangan. Jangan percaya, bilapun bisa, aplikasi ilmunya hanya di bawah 30 persen saja.
Spesialisasi dalam bidang IT juga ada, misalnya mereka yang khusus menjadi programmer dengan satu bahasa pemrograman, atau mereka yang mengkhususkan diri dalam jaringan komputer baik LAN, WAN ataupun MAN. Kesalahpahaman ini masih sering terjadi di masyarakat awam.

Komentar

Postingan Populer